Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang

LKEB Gelar Pelatihan Ms. Access

Author : Administrator | Jum'at, 14 Desember 2012 09:25 WIB
Berita UMM
Shobbah menyampaikan materi Ms. Access

 

Sabtu, 1 Desember 2012 Laboratorium Komputasi Ekonomika dan bisnis (LKEB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM menyelenggarakan pelatihan Microsoft Access 2007 bagi asisten dan beberapa instruktur praktikum aplikasi komputer.

Para peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan sangat antusias, karena bagi sebagian besar peserta, Ms Access yang merupakan program database ini merupakan barang baru bagi karena belum pernah memanfaatkan program ini dalam pengelolaan database.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang telah diagendakan oleh Divisi Pelatihan dari perkumpulan asisten periode ganjil 2012-2013. "Asisten di LKEB dibagi menjadi 3 kelompok atau divisi, yakni Divisi Pelatihan, Divisi Kegamaan dan Divisi Karya Ilmiah, yang masing-masing kelompok terdiri dari 7 anggota, dan Pelatihan Ms Acces 2007 ini merupakan kegiatan yang diagendakan oleh Divisi Pelatihan", ungkap Nimas selaku Koordinator Divisi Pelatihan.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh LKEB sebagai persiapan pembekalan materi Ms Access, karena salah satu materi praktikum Aplikasi Komputer juga ada materi tentang Ms. Access, sehingga momen ini dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk lebih siap dalam mendampingi praktikan di kelas praktikum.

Shobbah Sabili selaku instruktur dalam pelatihan tersebut menjelaskan mulai dasar tentang konsep database, dan menyampaikan pula kenapa database sangat diperlukan dalam dunia sekarang ini.

"Pada pelatihan ini selain disampaikan tentang teori dan konsep-konsep dasar dari MS Access, peserta juga langsung diajak untuk praktek, nah ini menjadi hal yang menarik, sehingga kami tidak mudah lupa karena harus langsung praktek membuat database peminjaman buku", ungkap lalis salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan MS Access 2007 yang diselenggarakan oleh LKEB selama 3 jam ini dirasakan peserta masih sangat kurang, karena masih menyangkut hal-hal dasar, belum mengarah kepada konsep module dan macro, serta pengembangan MS Access yang lebih luas lagi, yang oleh instruktur sedikit disinggung dalam penyampaian materi, sehingga makin menambah penasaran peserta.
 

 
     
 

"Mudah-mudahan acara lanjutan dapat segera direalisaikan, saya berharap selepas dari LKEB ini punya 1 keterampilan lagi yang dapat kami aplikasikan dalam dunia nyata, untuk mempermudah pekerjaan yang berkaitan dengan database", ungkap Nur Efendi salah satu peserta yang juga asisten di LKEB.

Sementara itu di kesempatan yang lain, pihak LKEB juga menawarkan kepada seluruh pihak, terutama dalam lingkup FEB, apabila menginginkan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan komputasi dapat disampaikan kepada pihak lab, untuk ditindaklanjuti menjadi suatu kegiatan yang dapat bermanfaat bagi semua pihak.

"Sesuai dengan visi laboratorium, yakni sebagai unit yang dapat mendukung pengembangan ilmu dan praktik di bidang ekonomi dan bisnis, maka LKEB membuka kesempatan untuk bekerjasama dalam mendukung visi tersebut, bisa melalui kegiatan pelatihan-pelatihan maupun ", ungkap laboran LKEB.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image