Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang

Office 2016 Warnai Praktikum 2015/2016

Author : Administrator | Sabtu, 05 Maret 2016 11:59 WIB
Berita UMM
Peserta Mengerjakan Pre-Test

Senin, 29 Februari 2016 menjadi awal dari kegiatan praktikum Aplikasi komputer pada semester genap 2015/2016 yang dilaksanakan oleh Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB) FEB - UMM. Praktikum Aplikasi Komputer adalah Matakuliah Praktikum berbobot 3 SKS yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Dalam pelaksanaannya, untuk kegiatan praktikum semester ganjil diikuti oleh mahasiswa D-III Keuangan dan Perbankan dari semester 1, serta mahasiswa Akuntansi semester 3. Sedangkan untuk semester genap diikuti oleh mahasiswa Manajemen semester 2, serta mahasiswa Ekonomi Pembangunan (IESP) semester 2.

Sejumlah 29 kelas yang menempati Ruang Praktikum A dan B LKEB disiapkan untuk 10 kelas mahasiswa D-III serta 19 kelas Manajemen pada semester Genap 2015/2016 ini. Peserta praktikum sebelumnya telah melalui tahap pendaftaran praktikum, yakni dimulai dengan proses KRS Online dan dilanjutkan dengan pendaftaran praktikum di LKEB.

Syarat yang harus dipenuhi oleh peserta praktikum ketika mendaftar adalah dengan mengumpulkan 1 lembar fotokopi kwitansi pembayaran SPP/DPP serta mengumpulkan 2 lembar foto berwarna. Dilanjutkan dengan proses pengisian blangko pendaftaran peserta praktikum serta pemilihan kelas sesuai dengan yang terjadwal, dengan kapasitas maksimal tiap kelas adalah 25-27 peserta.

Pada pertemuan pertama kegiatan praktikum Aplikasi Komputer ini, seluruh peserta akan diabsen oleh asisten yang bertugas di tiap-tiap kelas, dibagikan kit praktikum yang terdiri dari Modul, Buku Panduan, serta Kartu Kendali serta dijelaskan berbagai peraturan hingga proses penilaian, baik oleh Asisten ataupun oleh Instruktur sendiri. Dalam satu kelas praktikum, akan didampingi oleh Instruktur yang berstatus dosen, serta 2 orang asisten yang merupakan mahasiswa yang telah melewati proses rekruitmen di LKEB.
 

 
     
 


Pada pertemuan pertama praktikum, selain disampaikan hal-hal tersebut di atas dilanjutkan dengan materi pengenalan komputer serta dasar Microsoft Office 2016. Hampir semua praktikan belum pernah menggunakan Aplikasi Microsoft Office 2016, sehingga penjelasan tentang kelebihan-kelebihan aplikasi ini sangat menarik minat dan antusiasme peserta praktikum. "Kelebihan-kelebihan yang terdapat di Microsoft Office 2016 akan dapat dimanfaatkan lebih maksimal lagi ketika pengguna bisa login dan terkoneksi internet" Urai Instruktur dalam penjelasannya.

Kegiatan pertemuan pertama praktikum Aplikasi Komputer ini diakhiri dengan kegiatan pre-test aplikom. Yakni mengerjakan soal-soal pilihan ganda dalam 2 kali kesempatan yang terdiri 35 soal pada masing-masing kesempatannya tersebut. Soal pre-test yang diberikan merupakan kemampuan umum dan kemampuan dasar tentang Microsoft Office, baik itu tentang Ms Word, Powerpoint, Excel, maupun Access yang akan praktikan pelajari dalam kegiatan praktikum semester genap 2015/2016. Hasil dari kegaitan ini akan di masukkan sebagai nilai pertama yang mereka dapatkan dalam kegiatan praktikum tersebut.
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image