Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan SPSS 2015

Author : Administrator | Senin, 14 Desember 2015 11:37 WIB
Berita UMM
Penyampaian Materi oleh Instruktur

Malang (10/12/15). Laboratorium Komputasi Ekonomi dan Bisnis (LKEB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk kesekian kalinya mengadakan kegiatan Pelatihan SPSS. Kegiatan ruting yang diselenggarakan oleh LKEB sejak tahun 2013 ini diselenggarakan di akhir tahun, dan diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Semester Akhir atau yang menempuh skripsi.

Kegiatan pelatihan SPSS direncanakan akan dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan materi yang telah disusun sebelumnya. Kegiatan diawali dengan pendafataran, dan didalam kolom pendaftaran yang diisikan oleh peserta terdapat kolom request analisis yang dibutuhkan oleh peserta. "Penyelenggaraan kegiatan pelatihan SPSS periode kali ini dibatasi untuk diikuti oleh 25 peserta saja, dikarenakan kapasitas ruang praktikum yang hanya cukup untuk 25 peserta. Akan tetapi antusias peserta pelatihan sangat banyak, ada sekitar 20 peserta lain yang kami tampung terlebih dahulu, kami belum bisa memastikan apakah akan dibuka pelatihan gelombang berikutnya atau tidak, mengingat kapasitas dan jadwal penggunaan lab yang sangat padat" Urai Misbah selaku penanggung jawab kegiatan.

Pada pertemuan pertama kali ini materi yang disampaikan adalah input data dan uji normalitas, sebagai materi dasar dalam setiap pelatihan SPSS, dan akan dilanjutkan dengan materi yang lainnya pada pertemuan berikutnya. Dari kolom request jenis analisis yang dibutuhkan oleh peserta, hampir semua peserta menginginkan materi analisis Regresi dengan berbagai variannya. Dan materi regresi ini direncanakan akan disampaikan pada pertemuan ketiga.

Pada kegiatan pertemuan pertama yang dilaksanakan di Ruang Praktikum C pada pukul 16:30 hingga 17:30 WIB, ini disampaikan pula bahwa nanti dari pihak Instruktur yakni Shobbah Sabilil Muttaqin, S.T. akan membantu analisis peserta pelatihan, termasuk juga membuka kesempatan konsultasi yang dapat dilakukan di luar jam pelatihan ini. "Kami persilahkan apabila ada yang ingin berkonsultasi untuk menemui saya. Saya setiap hari dinas nya di Divisi Pelatihan Infokom, di Gedung ICT Center lantai 3", terang shobbah kepada peserta pelatihan.
 


Harapan dari Pihak LKEB kepada seluruh peserta pelatihan, pelatihan ini nantinya dapat digunakan sebagai sarana belajar dan berdiskusi berkenaan dengan analisis data menggunakan SPSS yang menjadi bahan dari Skripsi peserta pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini peserta tidak perlu lagi mengerjakan Skripsi atau analisisnya ke tempat lain, mereka dapat secara mandiri mengerjakan sendiri dengan didampingin oleh instruktur dan asisten dari pihak LKEB sendiri.
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image