Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB)
Universitas Muhammadiyah Malang

Training of Trainer LKEB 2015

Author : Administrator | Sabtu, 14 November 2015 12:07 WIB
Berita UMM
Kepala LKEB Menyampaikan Sambutan

Malang (11/9/2015). Training of Trainer (TOT) Laboratorium Komputasi Ekonomika dan Bisnis (LKEB) FEB - UMM merupakan agenda rutin yang diselenggarakan di setiap semester. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh Asisten dan Instruktur yang akan bertugas selama semester ganjil 2015/2016.

Kegiatan TOT periode ini sedikit agak lain dari kegiatan TOT menjelang perkuliahan semester genap. karena di kegiatan kali ini diikuti pula oleh asisten baru hasil rekruitmen asisten yang dilaksanakan di akhir semester genap 2014/2015.

Agenda utama kegiatan TOT yang dilaksanakan pada hari Jum'at 11 September 2015 bertempat di Ruang Praktikum A LKEB adalah penyampaian materi dan Satuan Acara Perkuliahan Praktikum kegiatan praktikum oleh Laboran LKEB. Sekaligus trainning yang diperuntukkan terutama kepada asisten baru, tentang beberapa materi yang akan mereka sampaikan kepada praktikan di pelaksanaan praktikum semester mendatang.

Acara dimulai pukul 08:00 WIB diawali dengan sambutan oleh Ibu Kepala LKEB, Dra. Uci Yuliati, M.M., dilanjutkan materi TOT yang disampaikan oleh Laboran. Menjelang pukul 10:00 WIB dilanjutkan dengan kegiatan pembagian jadwal mengajar bagi instruktur, dan menjelang pukul 11:00 WIB kegiatan TOT bagi Instruktur di akhiri dan bagi asisten akan dilanjutkan kembali setelah shalat Jum'at.

Dalam penyampaian materi, Laboran menyampaikan bahwa ada beberapa perubahan dalam kegiatan praktikum semester ganjil yang akan datang, hal ini sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara perwakilan kelas peserta praktikum di semester Genap 2014/2015 serta masukan beberapa pihak untuk kemajuan kegiatan perkuliahan praktikum yang akan datang. salah satu diantaranya adalah tentang format penyusunan laporan Tugas Akhir peserta praktikum.

"Dalam penyusunan laporan TA semester depan, akan ada proses koreksi yang akan dilakukan oleh asisten dan proses revisi oleh praktikan, hingga TA dikumpulkan" terang Misbahudin selaku laboran. Hal ini mengingat selama ini TA yang dikumpulkan Praktikan tidak ada tahap koreksi dan revisi, sehingga kecenderungan mahasiswa hanya mengumpulkan tugas ala kadarnya tanda memperhatikan teori teori yang telah didapat saat materi praktikum untuk diterapkan pada tugas yang mereka kerjakan.
 

 
     
 

Setelah istirahat dan sholat Jum'at, TOT dilanjutkan lagi dengan peserta dari asisten dan pematerinya adalah tenaga partimer didampingi oleh laboran. Materi pada kegiatan kali ini adalah review materi materi yang akan diajarkan kepada praktikan di semester yang akan datang. Diharapkan dengan kegiatan review ini asisten, terutama asisten baru dapat memperoleh gambaran proses pembelajaran praktikum serta lebih mempersiapkan diri lagi berkaitan dengan materi materi yang harus mereka kuasai.

Menjelang berakhirnya kegiatan, dilakukan pembagian jadwal asisten. Pembagian jadwal kali ini untuk asisten periode lama adalah pengabdian terakhir, sementara untuk asisten baru adalah pengabdian pertama mereka dan tiga semester yang akan mereka jalani di semetser berikutnya.

Kegiatan ditutup oleh laboran, dengan mengingatkan kembali kepada 36 asisten yang hadir tentang tugas tugas, kewajiban, serta tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh asisten dalam menjalankan tugas mereka di semester Ganjil 2015/2016.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image